Selasa, 05 November 2013

VARIABEL PEMBELAJARAN


    VARIABEL PEMBELAJARAN
Variabel pembelajaran diklasifikasikan menjadi 3 macam yaitu :
a.      Kondisi pembelajaran
Yaitu : faktor yang mempengaruhi metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Reigeluth dan Merrill mengelompokkan kondisi pembelajaran menjadi 3 yaitu :
1.      Tujuan dan karakteristik bidang studi
Mengacu kepada hasil pembelajaran yang diharapkan.
2.      Kendala dan karakteristik bidang studi
Berkaitan dengan tingkat kecermatan suatu media dalam menyampaikan pembelajaran, kemampuan khusus yang dimiliki oleh suatu media, serta pengaruh motivasional yang mampu ditimbulkannya. Kendalanya adalah keterbatasan sumber-sumber, seperti media, waktu, personalia, dan uang.
3.      Karakteristik siswa
Adalah aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa seperti bakat, motivasi belajar dan kemampuan awal (hasil belajar) yang telah dimilikinya.

b.      Metode pembelajaran
Yaitu : cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
1.      Strategi pengorganisasian
Adalah metode untuk mengorganisasi isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran.
2.      Strategi penyampaian
Adalah metode untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa untuk menerima serta merespon masukan yang berasal dari siswa.
3.      Strategi pengelolaan
Merupakan metode bagaimana menata interaksi antara si belajar dengan variabel metode pembelajaran lainnya.

c.       Hasil pembelajaran
Yaitu  semua efek sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran d ibawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3, yaitu :
a.       Keeektifan
Diukur dengan tingkat pencapaian isi belajar.
b.      Efisien
Diukur dengan rasio antara kesefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya pembelajaran yang digunakan.
c.       Daya tarik
Diukur dengan mengamati kecenderungan siswa untuk tetap belajar.

Berdasarkan pendapat Reigeluth dan Merrill tentang hasil pembelajaran diperkuat oleh taksonomi Bloom dkk bahwa mengukur hasil pengajaran dalam proses pembelajaran didasarkan pada tipe isi bidang studi diklasifikasi menjadi 3 ranah yaitu :
  • Ranah kognitif terdiri dari : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian.
  • Ranah sikap terdiri dari : menerima, merespon, menghargai, mengorganisasi, karakteristik.
  • Ranah psikomotor terdiri dari : persepdi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar