VARIABEL PEMBELAJARAN
Variabel pembelajaran diklasifikasikan menjadi 3 macam yaitu :
a.
Kondisi pembelajaran
Yaitu : faktor yang mempengaruhi metode dalam
meningkatkan hasil pembelajaran. Reigeluth dan Merrill mengelompokkan kondisi pembelajaran menjadi 3 yaitu :
1.
Tujuan dan karakteristik bidang studi
Mengacu kepada hasil pembelajaran
yang diharapkan.
2.
Kendala dan karakteristik bidang studi
Berkaitan dengan tingkat kecermatan suatu
media dalam menyampaikan pembelajaran, kemampuan khusus yang dimiliki oleh
suatu media, serta pengaruh motivasional yang mampu ditimbulkannya. Kendalanya adalah keterbatasan sumber-sumber,
seperti media, waktu, personalia, dan uang.
3. Karakteristik siswa
Adalah aspek-aspek atau kualitas
perseorangan siswa seperti bakat, motivasi belajar dan kemampuan awal (hasil
belajar) yang telah dimilikinya.
b.
Metode pembelajaran
Yaitu : cara-cara yang berbeda untuk
mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
1.
Strategi pengorganisasian
Adalah metode untuk mengorganisasi
isi bidang studi yang telah dipilih untuk pembelajaran.
2. Strategi penyampaian
Adalah metode untuk menyampaikan
pembelajaran kepada siswa untuk menerima serta merespon masukan yang berasal
dari siswa.
3. Strategi pengelolaan
Merupakan metode bagaimana menata interaksi antara si
belajar dengan variabel metode pembelajaran lainnya.
c.
Hasil pembelajaran
Yaitu semua efek sebagai indikator tentang nilai dari
penggunaan metode pembelajaran d ibawah kondisi yang berbeda dan diklasifikasikan menjadi 3, yaitu :
a. Keeektifan
Diukur dengan tingkat pencapaian isi
belajar.
b. Efisien
Diukur dengan rasio antara
kesefektifan dan jumlah waktu yang dipakai si belajar atau jumlah biaya
pembelajaran yang digunakan.
c. Daya tarik
Diukur dengan mengamati kecenderungan
siswa untuk tetap belajar.
Berdasarkan pendapat Reigeluth dan Merrill tentang hasil
pembelajaran diperkuat oleh taksonomi Bloom dkk bahwa mengukur hasil pengajaran dalam
proses pembelajaran didasarkan pada tipe isi bidang studi diklasifikasi menjadi
3 ranah yaitu :
- Ranah kognitif terdiri dari :
pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian.
- Ranah sikap terdiri dari :
menerima, merespon, menghargai, mengorganisasi, karakteristik.
- Ranah psikomotor terdiri dari :
persepdi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan
kompleks, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar