Selasa, 05 November 2013

PELAYANAN DAN PENDIDIKAN BIDAN DI SPANYOL


1.1 Pelayanan Kebidanan Di Spanyol
Spanyol merupakan salah satu negara dibenua Eropa yang telah lama mengenal profesi bidan. Diceritakan bahwa dalam abad pertengahan salah satu rajanya (Philip) ditolong oleh bidan pada waktu lahir.
Dalam tahun 1752 dibuat persyaratan bahwa bidan harus lulus ujian, dimana materi ujiannya adalah dari sebuah buku kebidanan  “A Short treatise on the Art of Midwifery”. Pendidikan bidan di ibu kota Madrid dimulai tahun 1789. Bidan disiapkan untuk bekerja secara mandiri di masyarakat, terutama di kalangan petani dan buruh tingkat menengah ke bawah. Bidan tidak boleh mandiri memberi obat-obatan, melakukan tindakan yang menggunakan alat-alat kedokteran. Akan tetapi bidan diperbolehkan untuk menolak kelahiran sungsang, gemeli, lahir premature dan melakukan versi luar maupun pengeluaran plasenta secara manual.
Pada tahun 1942 sebuah RS, Santa Cristina menerima ibu-ibu yang hendak bersalin. Untuk itu dibutuhkan tenaga bidan lebih banyak.
Pada tahun 1932 pendidikan bidan di sini secara resmi menjadi School of midwives. Antara tahun 1987-1988 pendidikan bidan untuk sementara ditutup karena diadakan penyesuaian kurikulum bidan menurut ketentuan negara-negara masyarakat Eropa, bagi mereka yang telah lulus sebelum itu, penyesuaian pada akhir 1992.

Tugas dan tanggung jawab bidan di spanyol
Sejak tahun 1960, undang-undang telah mengatur tentang kompetensi profesional bidan Spanyol. Uni Eropa Directive 80/155/EEC Bidan berlaku di Spanyol. Tugas bidan Spanyol adalah:
1.      Pendidikan orang tua
2.      Perawatan antenatal dan tindak lanjut dari kehamilan normal
3.      Untuk berbagi perawatan kehamilan berisiko tinggi dengan dokter kandungan
4.      Untuk merawat dan membantu wanita selama persalinan dan melakukan yang normal pengiriman
5.      Untuk merawat bayi baru lahir di ruang bersalin
6.      Perawatan nifas di rumah, atau di klinik komunitas
7.      Untuk melakukan pendidikan kepada kelompok menyusui, keluarga berencana, pendidikan seks, dan menopause
Seorang bidan mampu mengambil tanggung jawab untuk kehamilan normal dan kelahiran independen. Jika ada kehamilan tidak normal atau kelahiran, itu merupakan tanggung jawab dokter kandungan.

Sejarah
Dari tahun 1950 sampai 1958 kelahiran terjadi di rumah, bidan bertanggung jawab penuh atas ibu dan bayi. Belum ada pemeriksaan terakhir deskripsi dari sistem kebidanan Spanyol. Setelah 1958 kelahiran terjadi di rumah sakit bersalin. Perawatan untuk wanita sejak itu telah dimiliki oleh bidan dan dokter kandungan. Sejak tahun 1980 bidan telah jauh lebih terlibat dalam aspek reproduksi kesehatan wanita. Mereka terlibat dalam keluarga berencana, penyakit menular seksual dan menopause.
Pada tahun 1994 kurikulum kebidanan - pelatihan baru dimulai. Ini mempersiapkan bidan untuk menjadi bertanggung jawab untuk perawatan wanita selama proses melahirkan. Pelatihan baru tentunya juga mempersiapkan bidan untuk bekerja di rumah sakit dan pengaturan masyarakat. Metodologi pengajaran dan penelitian juga termasuk.

Sistem kebidanan
Dalam sistem kebidanan di Spanyol, beberapa kelompok professional seperti bidan, dokter ahli kandungan dan dokter umum berpartisipasi aktif dalam perawatan antenatal. Bidan atau ginekolog menyediakan perawatan kelahiran dan dalam perawatan pasca melahirkan, dokter anak dan perawat juga terlibat.
Di Spanyol, pandangan yang berlaku pada kehamilan dan kelahiran adalah fisiologis. Bidan dan masyarakat menganggap proses-proses tersebut menjadi alami. Hal ini tidak selalu tercermin dalam semua fitur dari sistem kebidanan.
Jika seorang wanita berpikir dia hamil, dia bisa pergi ke dokter umum, yang akan merujuk wanita ke bidan. Wanita juga dapat pergi langsung ke bidan di Puskesmas Pusat. Jika kehamilan tidak normal, wanita akan dirujuk ke dokter kandungan. Jika kehamilan normal, bidan melakukan pelayanan antenatal dan mengacu wanita ke dokter kandungan tiga kali (tiga kunjungan). Jika kehamilan abnormal, dokter kandungan melakukan pemeriksaan kehamilan (lebih sering daripada tidak di rumah sakit) dan bidan berhubungan dengan pendidikan kesehatan.
Sebagian besar kelahiran berlangsung di rumah sakit. Kurang dari 1% dari semua kelahiran terjadi di rumah. Melahirkan juga dapat berlangsung di klinik bersalin. Ada empat klinik bersalin sekarang di Spanyol. Bidan, ginekolog dan orang tua memutuskan bersama mana pengiriman akan berlangsung. Tetapi karena persalinan di rumah tidak diganti, ini tidak benar-benar pilihan.
Pada tahun 2000, ada sekitar 5.000 bidan di Spanyol. Sebagian besar dari mereka (90 %) yang bekerja di sektor publik dan bekerja di rumah sakit. Para bidan lainnya bekerja di sektor swasta. Kurang dari 1% bekerja di latihan bebas merdeka. Kebanyakan bidan antara usia 36 dan 65 tahun. Ada kekurangan bidan muda, karena ada jangka waktu sembilan tahun tanpa kebidanan – pelatihan.
Pada tahun 2000 ada sekitar 5.000 dokter ahli kandungan di Spanyol. Tidak ada angka resmi tentang jumlah dokter umum aktif terlibat dalam asuhan kebidanan. Angka-angka bervariasi tergantung pada daerah. Tapi secara umum praktisi yang terlibat dalam perawatan antenatal.
Ada dua periode sejarah dalam pelayanan kesehatan Spanyol. Yang pertama (1942-1977) ditutupi rezim Franco, dengan semakin pentingnya model jaminan sosial. Yang kedua (1978-1991) ditandai dengan reformasi kesehatan tahun 1986 diberlakukannya dari 'Ley Jenderal de Sanidad' (Hukum Umum Kesehatan). Tujuan utama dari Hukum Umum Kesehatan adalah untuk membentuk dasar untuk perkembangan masa depan dalam Layanan Kesehatan Nasional, yang akan mencakup seluruh populasi dan akan mencakup seluruh jajaran pelayanan kesehatan.
Dengan demikian, Spanyol menyediakan asuransi kesehatan bagi seluruh penduduk, termasuk 5 % dari populasi dicakup oleh skema pegawai negeri dan 0,9 % ditutupi oleh manfaat sosial. Pengecualian terutama pada orang kaya dan illegal imigran (Van Kemenade 1997). Spanyol dibagi menjadi 17 daerah, yang semua memiliki tingkat otonomi. National Health Service telah sangat terdesentralisasi, termasuk kesehatan 108 kompetensi dalam tujuh dari komunitas otonom.
National Health Service telah dibentuk oleh layanan kesehatan secara keseluruhan dari pemerintah pusat, yang beroperasi melalui INSALUD (Instituto Nacional de la Salud), dan otonomi daerah, yang beroperasi sendiri Pelayanan Kesehatan Daerah mereka. Administrasi fungsi INSALUD telah didesentralisasikan kepada daerah otonom (CC.AA). Daerah bertanggung jawab untuk perawatan kesehatan di daerah mereka. Beberapa daerah memiliki anggaran berbasis populasi. Sebagian besar daerah memiliki lebih risk- adjusted anggaran. Dua daerah memiliki sistem keuangan yang sama sekali berbeda. Mereka mengumpulkan pajak diri mereka sendiri dan memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan.
Perawatan kesehatan terutama dibiayai oleh pemerintah ( 79 % ). Sisanya 21 % sebagian besar dibiayai langsung oleh pasien tetapi juga melalui skema asuransi swasta. Sistem perawatan Kesehatan Spanyol didominasi oleh sistem kesehatan nasional wajib ( 79 % ), didanai oleh perpajakan umum ( 62 % ) dan kontribusi asuransi sosial ( 17 % ).
Menurut Survei Kesehatan Nasional 1997, naik menjadi 8,9 % dari penduduk Spanyol memiliki cakupan kesehatan swasta melalui asuransi sukarela pada tahun 1997, meskipun survey. Data mungkin cenderung meremehkan nomor ini. Data yang tersedia pada pribadi pengeluaran menderita sejumlah masalah ( Observatory Eropa 2000).
Perusahaan asuransi swasta memiliki kebebasan untuk menetapkan harga dan premi dan masing-masing tertanggung hanya membayar / risikonya sendiri. Sekitar 99 % dari populasi hanya memiliki asuransi umum, 10 % memiliki asuransi swasta selain yang disediakan oleh negara, dan 1 % hanya memiliki asuransi swasta (Van Kemenade 1997).
Asuhan kebidanan berikut ini diganti : perawatan medis selama kehamilan ditambah perawatan medis selama dan setelah melahirkan, dan dalam kasus patologi, rumah sakit masuk ke pusat jaminan sosial atau ke pusat lain yang disetujui (Dialoog bertemu de Burgers 2001).
Bidan yang baik dibayar gaji untuk pekerjaan atau dibayar per klien atau membayar biaya - forservice. Jika bidan bekerja di rumah sakit, dia mendapatkan gaji. Pendapatannya diatur oleh
serikat pekerja. Jika bidan bekerja di sektor swasta, dia dibayar per klien atau biaya untuk layanan. Kemudian penghasilannya diatur oleh asosiasi kebidanan dan keperawatan perguruan tinggi. Bidan memperkirakan pendapatan rata-rata tiap tahun sekitar 21.868 €.
Tujuan dari 'Associacio Catalana Llevadores' adalah untuk mempromosikan kehamilan dan kelahiran sebagai proses fisiologis. Dalam rangka untuk mencapai hal ini, Asosiasi ingin meningkatkan kesehatan perempuan dan untuk bekerja sama dengan kelompok-kelompok perempuan. Bidan juga perlu untuk bekerja sama dengan ginekolog, dokter keluarga dan perawat. Asosiasi bertujuan untuk membuat perkembangan dalam melanjutkan pendidikan dan lebih berdasarkan bukti asuhan kebidanan. Dengan cara ini jenis tindakan, Asosiasi mengharapkan untuk dapat untuk melindungi posisi bidan di tingkat pemerintahan. Namun, mereka harus menolak beberapa ancaman.
Wanita di Spanyol tidak memiliki banyak opsi yang berkaitan dengan tempat kelahiran. Menurut Asosiasi, karena persalinan di rumah tidak diganti oleh jaminan sosial, orang tua dianjurkan untuk memilih untuk melahirkan di rumah. Wanita harus lebih aktif terlibat dalam pengambilan keputusan selama kehamilan dan kelahiran mereka.
Dihadapkan dengan fakta bahwa jumlah operasi caesar dan pengiriman forsep adalah tinggi, kita dapat menyimpulkan bahwa melahirkan anak adalah 'dimediskan'. Hanya ada beberapa rumah sakit yang memungkinkan untuk kelahiran normal terjadi di lingkungan normal (mirip dengan rumah).
Ada sama banyak ginekolog karena ada bidan. Hal ini dapat menyebabkan persaingan antara dua kelompok profesional. Kadang-kadang, ginekolog tidak merujuk seorang wanita hamil normal bidan.
Menurut Asosiasi Bidan, angka kematian perinatal dan ibu yang rendah. Tarif aspek positif dari sistem kebidanan Spanyol. Selain itu, masyarakat sistem keuangan meliputi biaya semua perempuan melahirkan di rumah sakit dan mendapatkan pelayanan antenatal di puskesmas.
Bidan mempromosikan aspek pencegahan kehamilan, kelahiran, dan postpartum menyusui. Bidan melakukan promosi persalinan fisiologis (normal) kelahiran bahkan lebih. Mereka harus menciptakan peluang untuk melawan ancaman dan benar-benar mencapai goals mereka.

1.2. Pendidikan Kebidanan Di Spanyol
Persyaratan pendidikan untuk mendaftarkan diri pada kursus, siswa harus telah menyelesaikan 3 tahun universitas keperawatan. Calon siswa juga perlu mengambil Ujian Nasional Spanyol, karena ada 5.000 kandidat untuk menutupi 150 tempat bagi siswa kebidanan.
Pelatihan untuk menjadi bidan memakan waktu 2 tahun. Siswa harus menyelesaikan 1.100 jam pendidikan teoritis dan 2.500 jam pengalaman praktis. Pelatihan praktis mencakup lebih dari 100 pemeriksaan antenatal, lebih dari 100 kelahiran, rumah postnatal kunjungan dan kelas orangtua. Siswa juga dididik tentang penyakit menular seksual, pencegahan kanker dan menopause.
Pendidikan Kebidanan Di University of Puerto Rico Spanyol
Persyaratan :
1. Lisensi perawat saat ini dan perizinan
2. Rata-rata keseluruhan nilai 2,75
3. Tiga surat rekomendasi
4. Memiliki persetujuan dan menjadi kursus saat CPR
MATA KULIAH UNTUK GELAR SERTIFIKAT/ SARJANA KEBIDANAN
KREDIT TOTAL : 32 SKS
ENOP 6005 Fisiologi Reproduksi (2sks)
ENOP 6006 seksualitas manusia dan sehat wanita ginekologi (3sks)
ENOP 6007 Farmakologi (2sks)
ENOP 6008 Manajemen kebidanan yang normal (3sks)
ENOP 6025 Konsep fundamental kesehatan masyarakat (4sks)
ENOP 6026 1 Genetika dan konseling genetic (1sks)
ENOP 6027 Masalah dan komplikasi kebidanan (3sks)
ENOP 6028 Gizi Ibu dan bayi (2sks)
ENOP 6029 Perawatan Bayi (2sks)
ENOP 6030 Perencanaan, pengorganisasian dan pengelolaan satu pelayanan kebidanan (1sks)
ENOP 6035 Praktik perawat bidan I (2sks)
ENOP 6036 Administrasi dan praktik perawat bidan II (2sks)
ENOP 6037 manajemen klinis dan praktek kebidanan (5sks)

MATA KULIAH MASTER SPESIALIS KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN PERAWAT-BIDAN-KANDUNGAN
KREDIT TOTAL : 75
ADSS 6572  Manajemen Teori (4sks)
ADSS  6594 Perencanaan, pengembangan dan evaluasi pelayanan kesehatan (4sks)
DEMO 6606 Menggunakan SPSS dalam penelitian (4sks)
BIOE  6525Analisis Statistik (5sks)
CISO 6538 Budaya , Masyarakat dan organisasi yang kompleks (2sks)
EDSA * 6500 Fundamentals belajar dan strategi mengajar (3sks)
EDSU 6503 Prinsip-prinsip desain kurikulum dan pengembangan (3sks)
ENOP 6005 Reproduksi Fisiologi (2sks)
ENOP 6006 Seksualitas manusia dan Kesehatan ginekologi wanita (3sks)
ENOP 6007 Farmakologi (2sks)
ENOP 6008 Manajemen kebidanan yang normal (3sks)
ENOP 6026 Genetika dan konseling genetic (1sks)
ENOP 6027 Masalah dan komplikasi kebidanan (3sks)
ENOP 6028 Gizi Ibu dan bayi (2sks)
ENOP 6029 Perawatan Bayi (2sks)
ENOP 6030 Perencanaan, pengorganisasian dan pengelolaan satu pelayanan kebidanan (1sks)
ENOP 6037 Manajemen Klinis dan praktek kebidanan (magang) (5sks)
ENOP 6041Penelitian Yayasan  I (2sks)
ENOP 6042 Penelitian Yayasan II (2sks)
EPID 6523 Metodologi epidemiologi (4sks)
EVAL 6614 Pelayanan evaluasi kesehatan (2sks)
MANI 6535 Pelayanan kesehatan keluarga (3sks)
MEDU ** ____ Introductory Course in Kesehatan Masyarakat (3sks)
SAAM 6528 Prinsip kesehatan lingkungan (3sks)
Mata kuliah pilihan dapat digantikan EDSU 6503 (7sks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar