Selasa, 05 November 2013


Pelayanan Kebidanan Di Moscow
 Pelayanan Antenatal
             Pada awalnya pelayanan antenatal di Moskow dilakukan oleh dokter dengan beberapa perawat atau bidan yang melakukan tugas rutin yang cukup berat, pemeriksaan urine dan sebagai asistant dokter. Di pedesaan bidan lebih terlibat dalam pelayanan antenatal. Angka kematian ibu bervariasi, tetapi biasanya lebih tinggi di area pedesaan dimana akses untuk mendapatkan poelayanan sulit.

Pelayanan Intrapartum
            Di Moskow, beberapa persalinan terjadi di rumah, namun menurut laporan rumah sakit ada sekitar 51 bayi yang lahir di rumah sebelum ambulance datang. Pada saat di rumah sakit ibu harus mengikuti beberapa peraturan, seorang ibu yang akan berslin tidak lagi di anamnesa tentang statusnya dan apa yang terjadi pada dirinya. Suami tidak diperkenankan untuk menemani istrinya selama 7 hari setelah kelahiran bayi, namun di daerah Baltic hal ini tidak dilakukan, di daerah ini justru beranggapan bahwa ibu harus di support selama persalinan oleh suami. Banyak dokter yang tidak yakin akan hali ini, namun sebagian sudah mau mendiskusikannya dan perubahan pola asuhan kebidanan lainnya.
            Kegiatan rutin pada saat masuk rumah sakit adalah dengan cara mengoleskan jari tangan dan kaki dengan iosine 2% dan juga puting ibu dengan Gentian Violet. Hal ini digunakan untuk melakukan pencegahan infeksi di unit tertentu. Ruang bersalinnya juga sangat tidak ramah dan dingin, menghadap ke koridor sehingga dapat dilihat oleh orang yang berlalu lalang, toiletnya terbuka dan sangat tidak privacy dan persalinan dilakukan di meja operasi dengan posisi litotomi.
            Tampaknya tidak ada upaya untuk memberikan penjelasan kepada ibu mengenai apa yang terjadi pada ibu. Bayi diberikan tetesan PROPHYLATIC Albusid pada matanya sebelum diamati secara singkat dan langsung dibungkus, kemudian dibawa ke ruangan khusus yang jauh dari ibunya. Sementara itu ibu diberi kompres es di perunya untuk mencegah perdarahan post partum dan menunggu selama 2 jam sebelum dipindahkan keruangan post partum. Bidan adalah asistant pertama dokter dan bertanggung jawab dalam melakukan observasi rutin. Bidan lebih banyak bekerja dirumah sakit yang menitikbertakan pada asuhan persalinan normal.

3.2. Pendidikan Kebidanan Di Moscow
Materi kuliah khusus untuk kebidanan Universitas Persahabatan Rakyat:
Kesehatan  wanita (144 jam)
Aspek modern perawatan kebidanan di institusi kebidanan (216 jam)
            Program pendidikan untuk dokter, bidan dan perawat telah disetujui dan dilaksanakan sesuai dengan standar negara Rusia pendidikan pascasarjana dan daftar yang disetujui spesialisasi. Kuliah diajarkan dalam bahasa Rusia dan pelatihan residensi dalam bahasa Inggris.
Selain pengembangan metode akademik untuk dasar-dasar teoritis dari spesialisasi, analisis klinis pasien dalam proses pedagogis banyak digunakan spesialis modern yang populer pelatihan berbasis komputer interaktif dan penilaian (ceramah interaktif, lokakarya interaktif), modul pelatihan tematik dikembangkan sebagai hasil dari pelaksanaan inovatif pendidikan program RUDN. Pelatihan lapangan termasuk menggunakan teknologi modern untuk pembelajaran jarak jauh.
Kegiatan pendidikan
Pada departemen dilatih mahasiswa tahun ke - 4 Kebidanan (2 semester - 7, 8,  ujian), mahasiswa tahun ke - 5 pada ginekologi (2 semester - 9 dan 10, ujian), 6 tahun ( siklus 5 minggu HOOK - bahan HOOK tes meliputi, tugas, masalah pada keterampilan praktis). Pelatihan profesional pascasarjana - magang dan warga, mahasiswa pascasarjana - murah, ditargetkan secara komersial. Mengembangkan program pelatihan kerja di kebidanan untuk tahun ke-4, di ginekologi untuk tahun ke - 5, obstetri dan ginekologi untuk 6 tahun, pekerja program pelatihan kebidanan dan ginekologi untuk magang dan penduduk. 6 - tahun (11 semester), ada siklus dari mata kuliah pilihan berikut :
§  Perawatan perinatal
§  Dasar-dasar ginekologi endokrinologi
§  Teknik Endoskopi ginekologi
§  Infeksi dalam kebidanan

Kurikulum pelatihan praktis kebidanan bagi mahasiswa
tahun ke - 4 semester VII
PELAJARAN 1
v  Organisasi rumah sakit kebidanan (5sks)
Organisasi rumah sakit kebidanan (struktur rumah sakit, kondisi sanitasi dan epidemiologi di rumah sakit).
KEGIATAN 2
v  Titik pandang anatomi (5sks)
Ukuran panggul, seperti panggul perempuan dari laki-laki, struktur dasar panggul. Buah Reproduksi. Posisi janin dalam rahim, plasenta previa, posisi, jenis posisi.
PELAJARAN 3
v  Diagnosis kehamilan (5sks)
Tanda-tanda kehamilan. Metode khusus pemeriksaan kehamilan, teknik kebidanan penelitian eksternal studi internal, metode penelitian tambahan.
PELAJARAN 4
v  Laboratorium diagnosis dalam kebidanan (5sks)
Siklus menstruasi. Studi tentang regulasi normal siklus menstruasi. Perubahan morfologi dalam ovarium dan rahim, pituitari, ovarium. Imunologi dan metode biologis.
PELAJARAN 5
v  Pengiriman biomekanisme di depan dan belakang sebagai oksipital previa (5sks)
Konsep biomekanik kelahiran. Highlight lahir biomekanisme. Lokasi sutura sagital dan Fontanelles saat melahirkan.
PELAJARAN 6-7
v  Klinik dan pemeliharaan lahir fisiologis presentasi kepala (10sks)
Alasan awal persalinan. I, II, III periode pengiriman. Upaya setiap karakter tenaga kerja. Kebidanan dalam tahap II persalinan. Tanda-tanda plasenta. Melakukan kala III persalinan. Metode untuk isolasi plasenta. Pengeluaran bayi baru lahir. Penilaian bayi baru lahir .
PELAJARAN 8 (5sks)
v  Periode pasca-persalinan
Untuk nifas fisiologis. Prinsip. Referensi. Organ dan sistem dalam periode postpartum. Masa nifas cuti melahirkan.

PELAJARAN 9 – 10 (10sks)
v  Gestoses
Bentuk klinis diagnosis preeklampsia, prinsip-prinsip dasar pengobatan. Patogenesis Gestoses. Pengaruh pada pengembangan Gestoses janin. Pencegahan Gestoses. Keputusan masalah situasional.
JUMLAH: 50 jam

Kurikulum pelatihan praktis kebidanan untuk mahasiswa
tahun ke – 4 semester VIII
PELAJARAN 1
v  Gestoses (5sks)
Bentuk klinis, diagnosis, prinsip pengobatan. Teori dari Gestoses. Patogenesis gekstozov, perubahan patofisiologi dalam organ dan sistem. Pencegahan Gestoses. Prinsip-prinsip kerja dengan berbagai tingkat keparahan gestosis.
PELAJARAN 2-3
v  Penyakit ekstragenital dan kehamilan (10sks)
Penyakit jantung rematik pada wanita hamil. Dampak penyakit pada kehamilan. Terapi. Metode penyampaian. Penyakit ginjal dan infeksi saluran kemih pada wanita hamil. Klinik, diagnosis, pengobatan. Pengiriman.
PELAJARAN 4
v  Penyakit ekstragenital dan kehamilan (5sks)
Diabetes. Fitur aliran selama kehamilan. Komplikasi. Manajemen kehamilan dan persalinan. Waktu dan metode pengiriman. Pengobatan koma diabetes selama kehamilan. Pengaruh diabetes pada janin dan bayi baru lahir.
PELAJARAN 5
v  Pendarahan selama kala II kehamilan (sebelum kelahiran janin) (5sks)
Etiologi plasenta previa, klasifikasi, diagnosis, diagnosis banding, komplikasi kehamilan dan taktik rodov. Detasemen plasenta, penyebab, derajat plasenta previa, klinis dan diagnostik, komplikasi, taktik kebidanan.
PELAJARAN 6
v  Pendarahan di tembuni dan periode postnatal awal (5sks)
Penyebab perdarahan dalam tahap III persalinan. Klinik, diagnosis dan pengobatan. Perdarahan hipotonik pada periode postpartum awal. Langkah-langkah untuk menghentikan pendarahan. Indikasi untuk histerektomi. Konsep syok hemoragik. Pencegahan.
PELAJARAN 7
v  Kelainan tulang panggul (5sks)
Kehamilan dan persalinan dengan panggul sempit. Efek pada janin dan bayi baru lahir. Varietas panggul sempit. Diagnostik (metode dasar dan lanjutan). Komplikasi kehamilan dan persalinan. Fitur lahir biomekanisme. Manajemen klinis kehamilan dan persalinan. Tanda-tanda klinis taktik panggul sempit.
PELAJARAN 8
v  Kehamilan dan persalinan dalam presentasi sungsang (5sks)
Etiologi sungsang, klasifikasi, diagnosis, komplikasi selama kehamilan dan persalinan, kelahiran biomekanisme janin ibu hamil dengan sungsang, cara kebidanan dalam tahap pertama persalinan, jenis alat bantu manual dalam tahap kedua persalinan.
PELAJARAN 9
v  Penyakit pasca-natal (5sks)
Fitur aliran dalam dunia modern. Penyakit purulen - septik yang baru lahir. Klasifikasi. Etiologi. Patogenesis. Klinik. Diagnosis. Pengobatan. Penyakit supuratif yang baru lahir. Bentuk klinis (pioderma, folikulitis, pemfigus neonatal omphalitis, sepsis). Etiologi. Patogenesis. Klinik. Diagnosis. Metode pengobatan. Counter- langkah.
PELAJARAN 10
v  Keguguran dan Kelahiran premature (5sks)
Keguguran berulang. Etiologi. Aborsi spontan. Kelahiran prematur. Penyebab. Diagnosis. Pengelolaan persalinan prematur. Komplikasi untuk janin dan bayi baru lahir. Skala Silverman.
PELAJARAN 11.
v  Ekstensor previa dan pemasukkan kepala (5sks)
Selama persalinan dengan dagu dan presentasi wajah (tampilan depan). Fitur buruh biomekanisme dengan presentasi ekstensor.
PELAJARAN 12
v  Tang (5sks)
Operasi forceps di depan sebagai previa oksipital, varietas operasi, indikasi, kondisi, tahapan operasi, komplikasi yang mungkin terjadi.
PELAJARAN 13
v  Operasi caesar (5sks)
Varietas operasi, indikasi untuk operasi (absolut dan relatif) kondisi, anestesi, kali operasi, komplikasi.
PELAJARAN 14
v  Metode modern evaluasi kondisi fungsional janin (5sks)
Kardiomonitornoe studi. Metode Pendaftaran jantung janin selama kehamilan dan persalinan (di samping tempat tidur). Tes non - stres. Tanda-tanda hipoksia janin akut.
Metode ultrasonik. Metodologi dan twin - placentometry. Profil biofisik janin. Estimasi parameter (uji nonstress, motorik, aktivitas pernafasan, otot janin, jumlah cairan ketuban, tingkat kematangan plasenta). Kriteria untuk hipoksia janin. Teknik Doppler.
PELAJARAN 15
v  Menutup sesi (5sks)
Uji kontrol. Keputusan masalah obstetri situasional.
JUMLAH: 75 jam

Kurikulum pelatihan praktis ginekologi untuk mahasiswa
tahun ke-5 semester IX

PELAJARAN 1
v  Organisasi rumah sakit ginekologi (5sks)
Metode pasien ginekologi pemeriksaan. Nilai total pemeriksaan untuk diagnosis ginekologi pasien. Metode pemeriksaan fisik pasien. Penelitian fungsi ovarium : Pap sitologi vagina, CPD, gejala murid, kristalisasi lendir serviks, termometer basal. Metode tambahan. Kurasi dari ginekologi pasien.
PELAJARAN 2-3
v  Penyakit inflamasi tubuh genital wanita (10 sks)
Manifestasi klinis tergantung pada etiologi, tahap lokalisasi proses inflamasi. Metode survey pasien, diagnosa laboratorium. Prinsip-prinsip pengobatan. Cara pencegahan.
PELAJARAN 4-5
v  Disfungsi Menstruasi (10sks)
Gangguan menstruasi. Klasifikasi. Tingkat gangguan menstruasi. Gambaran klinis.
Diagnosis diferensial. Prinsip-prinsip pengobatan.
PELAJARAN 6
v  Perdarahan uterus disfungsional (5sks)
Perdarahan uterus disfungsional. MQM di remaja, melahirkan. Prinsip-prinsip pengobatan.
PELAJARAN 7
v  Kehamilan ektopik (5sks)
Etiologi, klasifikasi kehamilan ektopik. Klinik. Metode diagnostik. Tahapan perawatan darurat.
PELAJARAN 8
v  Uterine Fibroid (5sks)
Teori patogenesis. Klinik, diagnosis, komplikasi. Pengobatan gejala, hormonal, bedah.
PELAJARAN 9
v  Endometriosis (5sks)
Etiologi, gambaran klinis, klasifikasi, diagnosis, pengobatan endometriosis.
PELAJARAN 10
v  Sesi Penutup (5sks)
Keputusan masalah situasional. Analisis sejarah kasus. Pengujian akhir.
JUMLAH: 50 jam

Kurikulum pelatihan praktis ginekologi untuk mahasiswa
tahun ke – 5 semester X

PELAJARAN 1
v  Sindrom neuroendokrin di ginekologi (5sks)
Konsep pengaturan fungsi ovarium dan aksis hipotalamus-hipofisis. Sindrom pramenstruasi. Patogenesis. Klinik. Pengobatan. Sindrom Klimaktrichesky. Patogenesis, gambaran klinis, diagnosis, pengobatan. Sindrom pasca - pengebirian. Mekanisme asal. Klinik. Pendekatan kepada Pasien.
PELAJARAN 2-3
v  Tumor jinak dan ganas ovarium (10sks)
Kanker ovarium. Klasifikasi tumor ovarium. Kista ovarium. Spesies. Konsep yang paling umum tumor. Diagnosis. Komplikasi. Pengobatan.

PELAJARAN 4
v  Hiperplasia dan kanker endometrium (5sks)
Etiologi dan patogenesis proses hiperplastik endometrium. Kanker endometrium. Klasifikasi, gambaran klinis, pengobatan, pencegahan.
PELAJARAN 5
v  Latar belakang dan prakanker (5sks)
Kanker leher rahim. Konsep latar belakang dan penyakit prakanker leher rahim. Etiologi. Metode survey. Prinsip-prinsip pengobatan. Klasifikasi kanker leher rahim. Manajemen klinis pasien dengan kanker serviks dengan stadium.
JUMLAH: 25 jam .
Tes dan kontrol studi kasus serta solusi dilakukan pada subyek penelitian.

Kurikulum pelatihan praktis ginekologi untuk mahasiswa
tahun ke – 6 Semester XI
PELAJARAN 1
v  Sindrom neuroendokrin di bidang ginekologi (6sks)
Konsep pengaturan fungsi ovarium dan hipotalamus – hipofisis sistem. Sindrom pramenstruasi. Patogenesis, gambaran klinis, pengobatan. Sindrom klimakterik. Patogenesis, gambaran klinis, diagnosis, pengobatan. Sindrom pasca-pengebirian. Mekanisme asal. Klinik. Pendekatan kepada Pasien.
KEGIATAN 2
v  Penyakit inflamasi pada organ genital perempuan (6sks)
Manifestasi klinis tergantung pada etiologi, tahap lokalisasi proses inflamasi. Diagnosis laboratorium. Prinsip-prinsip pengobatan. Pencegahan .
PELAJARAN 3
v  Gangguan menstruasi (6sks)
Klasifikasi gangguan fungsi menstruasi. Tingkat pelanggaran fungsi haid. Klinik. Diagnosis diferensial. Prinsip-prinsip pengobatan. Perdarahan uterus disfungsional. Etiologi, patogenesis, diagnosis. MQM di remaja, anak-bantalan dan periode perimenopause. Prinsip-prinsip pengobatan. Pencegahan.
PELAJARAN 4
v  Kehamilan ektopik (6sks)
Etiologi, klasifikasi kehamilan ektopik. Klinik. Metode diagnostik. Tahapan perawatan darurat.
PELAJARAN 5
v  Fibroid rahim (6sks)
Teori patogenesis. Klinik, diagnosis, komplikasi. Pengobatan gejala, hormonal, bedah. Endometriosis. Klasifikasi. Teori munculnya. Klinik. Bedah dan metode konservatif pengobatan endometriosis.
PELAJARAN 6
v  Tumor jinak dan ganas ovarium (6sks)
Klasifikasi tumor ovarium. Kista ovarium. Diagnosis, komplikasi. Pengobatan.
PELAJARAN 7
v  Hiperplasia endometrium (6sks)
Prakanker dan kanker endometrium. Etiologi dan patogenesis hiperplastik endometrium. Kanker endometrium. Klasifikasi, fitur klinis, diagnosis, manajemen, pencegahan.
PELAJARAN 8
v  Latar belakang penyakit prakanker dan kanker leher rahim (6sks)
Konsep latar belakang dan kondisi prakanker leher rahim. Etiologi. Prinsip-prinsip pengobatan. Kanker serviks : etiologi, klasifikasi, metode pemeriksaan pasien. Pengelolaan pasien, tergantung pada tahap proses. Keputusan masalah situasional. Uji kontrol.
JUMLAH: 48 jam

Kurikulum pelatihan praktis ginekologi untuk mahasiswa
tahun ke – 6 semester XII

PELAJARAN 1
v  Sindrom Neyroendokrinnye di ginekologi (5sks)
Konsep pengaturan fungsi ovarium dan aksis hipotalamus - hipofisis. Sindrom pramenstruasi. Patogenesis. Klinik. Pengobatan. Sindrom klimakterik. Patogenesis. Klinik. Diagnosis. Pengobatan. Sindrom pasca - pengebirian. Mekanisme asal. Klinik. Pendekatan kepada Pasien.
PELAJARAN 2-3
v  Penyakit radang organ kelamin wanita (5sks)
Manifestasi klinis tergantung pada etiologi, tahap lokalisasi proses inflamasi. Metode pemeriksaan pasien, diagnosa laboratorium. Prinsip-prinsip pengobatan. Cara pencegahan.                                                                                    
PELAJARAN 4
v  Disfungsi menstruasi (5sks)
Disfungsi menstruasi. Klasifikasi gangguan fungsi menstruasi. Tingkat gangguan menstruasi. Gambaran klinis. Diagnosis diferensial. Prinsip-prinsip pengobatan.                                                                                              
PELAJARAN 5
v  Perdarahan uterus disfungsional (5sks)
Etiologi, patogenesis, diagnosis. MQM di remaja, anak-bantalan dan periode pramenstruasi. Prinsip-prinsip pengobatan. Pencegahan.
PELAJARAN 6
v  Kehamilan ektopik (5sks)
Etiologi, klasifikasi kehamilan ektopik. Klinik. Metode diagnostik. Tahapan perawatan darurat.
PELAJARAN 7
v  Fibroid rahim (5sks)
Teori patogenesis. Klinik, diagnosis, komplikasi. Pengobatan simtomatik, hormonal, bedah.
PELAJARAN 8
v  Endometriosis (5sks)
Klasifikasi. Teori munculnya. Klinik. Metode bedah dan konservatif pengobatan endometriosis.
PELAJARAN 9
v  Penyakit trofoblas (5sks)
Kehamilan mola, kehamilan molar destruirujushchego, chorionepithelioma. Klinik, metode diagnostic.
PELAJARAN 10
v  Tumor jinak dan ganas ovarium (5sks)
Klasifikasi tumor ovarium. Kista ovarium. Spesies. Konsep tumor yang paling umum dari ovarium. Diagnosis. Komplikasi. Pengobatan.
PELAJARAN 11
v  Kanker leher rahim (5sks)
Latar belakang dan prakanker. Konsep latar belakang dan penyakit prakanker leher rahim. Etiologi. Metode survei. Prinsip-prinsip pengobatan. Klasifikasi kanker leher rahim. Manajemen klinis pasien dengan kanker serviks dengan stadium.
PELAJARAN 12
v  Prakanker dan kanker endometrium (5sks)
Etiologi dan patogenesis proses hiperplastik endometrium. Kanker endometrium. Klasifikasi. Klinik, pengobatan, pencegahan.
JUMLAH: 75 jam

DAFTAR PUSTAKA
__________. Pelatihan petugas kesehatan Rusia. Universitas Persahabatan Rakyat. Retrived from http://fpkmr.rudn.ru/department/department-of-obstetrics-gynecology-and-reproductive-medicine/

1 komentar: